Perkuat Pertahanan Laut Indonesia, Pangkalan TNI AL Bandung Resmikan Posal Ujung Genteng

MEDIA SPN SUKABUMI – TNI AL, Sukabumi,- Perkuat Pertahanan Laut Indonesia, Pangkalan TNI AL Bandung (Lanal Bandung) Resmikan Posal Baru di Wilayah Perairan Selatan Kabupaten Sukabumi yakni Posal Ujung Genteng yang diresmikan langsung oleh Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., bertempat di Pantai Ujung Genteng, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Selasa (31/10/2023).

Posal Ujung Genteng adalah pengembangan kekuatan dari satuan sebelumnya yang merupakan Pos Pengamat (Posmat) Ujung Genteng sesuai dengan Perkasal No. 12 Tahun 2023, tentang pembentukan Posal.

Komandan Lanal Bandung dalam sambutannya, mengatakan bahwa keberadaan Posal merupakan implementasi dari tugas pokok peran dan fungsi sebagai elemen terkecil dalam strata gelar Pangkalan TNI Angkatan Laut. Posal mempunyai tugas pokok mengumpulkan data dan kepanjangan tangan Komandan Pangkalan TNI AL serta melaksanakan patroli terbatas untuk dikaji dan dievaluasi sebagai data masukan untuk pengambilan keputusan, baik dalam tingkat taktis operasi maupun strategis.

“Selain memiliki tanggung jawab terhadap keamanan laut di wilayah kerjanya, Posal juga diharapkan bisa memberdayakan potensi maritim di wilayahnya dan juga harus mempunyai peranan langsung dan bermanfaat terhadap lingkungan sekitar, serta bersinergi dengan instansi terkait dalam melaksanakan pembinaan masyarakat dan potensi maritim di wilayah sebagai wujud peran nyata keberadaan Posal,” ujar Danlanal Bandung.

Sebagai Komandan Lanal Bandung saya mengucapkan selamat bertugas kepada Komandan Posal beserta anggota, Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa memberikan keselamatan dan kelancaran dalam melaksanakan tugas.

(Pen Lanal Bandung)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan