Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Depan

Media SPN, — Banyak orang yang hidupnya disaat ini namun pikirannya masih tertinggal di masa lalu. Ada pula orang yang hidupnya di masa kini namun pikirannya sudah berlari terlampau jauh hingga ke masa depan. Dan ada juga orang yang hidup dan pikirannya berada pada masa kini, bukan masa lalu ataupun masa depan.

Bagi orang yang hidup pada masa kini, pastinya memiliki kehidupan masa lalu yang sudah pernah dilalui. Masa lalu bisa masa yang bisa sangat indah maupun sebaliknya yaitu masa yang kelam dan sangat pahit. Banyak orang yang kesulitan menjalankan kehidupannya pada masa kini karena sebagian pikiran masih tertinggal di masa lalu.

Walau masa lalu yang telah dilalui sangatlah indah, namun itu semua sudah tidak bisa diulang kembali dan sudah berlalu. Begitupun dengan momen yang menyedihkan yang pernah terjadi pada masa lalu. Kita boleh mengunjunginya namun tidak untuk menetap selamanya. Banyak orang yang lambat atau bahkan sulit mengalami kemajuan hanya karena hidupnya terjebak pada masa lalu.

Ada yang mengatakan, masa depan sangat bergantung pada masa kini yang sedang kita jalani. Bisa dibilang, masa kini sangat menentukan masa depan kita. Oleh karenanya, buatlah setiap detiknya berharga. Jangan biarkan hidup berlalu bergitu saja. Saat kita sepenuh hati menjalani hidup pada masa kini, maka segalanya tak akan ada yang sia-sia. Masa depan memanglah sebuah misteri. Jika kita ingin memiliki masa depan yang baik, maka kita perlu menjalani masa kini dengan sebenar-benarnya. Namun, seringkali orang terlalu mencemaskan masa depan. Padahal semua tahu bahwa masa depan adalah masa yang belum tentu terjadi. Terlalu fokus pada masa yang belum kita alami hanya akan menjebak diri pada angan-angan semata, sehingga bisa membuat kita menjadi tidak realistis.

Oleh sebab itu, yang bisa kita lakukan ialah dengan fokus mejalankan hidup pada masa kini. Kita tidak perlu fokus dan menebak-nebak masa yang akan datang. Begitupula dengan masa lalu, kita harus segera meninggalkan masa lalu agar bisa kembali sadar bahwa ada kehidupan masa kini yang perlu dijani dengan sebaik-baiknya. Walau hidup penuh dengan ketidakpastian, namun saat kita bisa menjalani hidup masa kini dengan baik maka akan selalu ada pertanda baik untuk kehidupan kita selanjutnya. (KsP)

Salam Persaudaraan Jabat erat ” Bersama PASTI Kita Bisa “
#IndonesiaMaju

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan