Keprihatinan Ketua LSM dan Aktivis Media Banyuwangi Sujiyono Atas Konflik Berkepanjangan Gunung Tumpangpitu

Media SPN BanyuwangiSalah satu Ketua LSM dan aktivis media di Banyuwangi Sujiyono Mengatakan sangat prihatin adanya konflik masyarakat Banyuwangi yang ada di sekitar Tambang Emas Gunung Tumpang Pintu.

Menurutnya konflik terjadi, salahsatu yang menjadi penyebabnya, hanya karena masyarakat ingin mengetahui manfaat pertambangan emas gunung tumpang pitu tersebut dan arti manfaat sendiri adalah sebuah Hak manusia yang harus terpenuhi.

Lanjut Sujiyono, Pemerintah harus memenuhi kewajibanya karena pemerintah telah memproduksi Sumber Daya Alam Gunung Tumpang pitu bersama Perusahaan PT BSI.

Disitu pemerintah mempunyai kewajiban memenuhi Hak Masyarakat sesuai UUD Dasar 1945, sesuai pasal 33 Bahwa, bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Namun kenyataanya hingga saat ini hal tersebut masih belum terlaksana, dan masyarakat juga masih belum merasakan manfaatnya pertambangan Emas Gunung Tumpang pitu.

Masih kata Sujiyono tentang manfaat itu adalah hak pada seorang yang harus terpenuhi.

“Apakah Hak umum dan Hak Sosial pada masyarakat Banyuwangi khususnya yang ada di sekitar pertambangan emas Gunung Tumpang pitu tersebut sudah terpenuhi oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat itu yang seharusnya menjadi perhatian jika ingin meredam konflik disana”, ungkapnya, Minggu (5/4/2020).

“Hak umum untuk masyarakat sekitar Tambang yaitu Hak yang dimiliki oleh semua manusia tanpa terkecuali dan tanpa syarat tertentu dan untuk Hak sosial adalah Hak yang dimiliki oleh tiap anggota masyarakat dalam kaitanya untuk kepentingan bersama dalam suatu negara antaranya Kesehatan, Pendidikan, ekonomi dan ketentraman, ketenangan, kenyamananya”, imbuhnya.

“Ketika Hak umum dan Hak sosial itu belum terpenuhi, maka pemerintah wajib bertanggung jawab.
Karena sudah jelas sebagian masyarakat sekitar pertambangan emas Gunung Tumpang pitu, belum mendapatkan manfaatnya”, pungkas Sujiyono dengan tegasnya.

(Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan