Gelar Hari Jadi, Padepokan Sirnaning Yaksa Gapuraning Aji Undang Para Tokoh Budaya

Media SPN Sumedang,– Padepokan sirnaning yaksa gapuraning aji menyelenggarakan milangkala munggaran .Milangkala munggaran ini dilaksanakan di Kutamaya dusun Cibitung Padasuka Sumedang Jawa Barat.

Acara diawali dengan penampilan pencak silat dari anak anak Padepokan Sirnaning Yaksa Gapuraning Aji, serta seni bela diri lainnya.

Menurut Abah Adhitiya Alam Syah juga kerap disebut dengan panggilan Abah Alam salah satu sesepuh dan tokoh budayawan bahwa “ Acara tersebut merupakan salah satu program yang harus menjadi perhatian Pemerintah khususnya Sumedang karena acara ini adalah penguatan kebudayaan supaya lestari dan ditumbuhkembangkan pada generasi muda “ saat ditemui awak Media SPN.

“Untuk itu mari kita mumule budaya sunda sebagai wujud kearifan, kedepan jangan sampai anak cucu kita tidak mengetahuinya. Karena Padepokan Sirnaning Yaksa Gapuraning Aji berkonsentrasi untuk generasi muda. Dan kegiatan ini walaupun munggaran tetapi relevan dengan kebijakan pemerintah,” ujarnya Abah Alam menambahkan.

Hadir juga Camat Kutamaya, Bapak Iwa Kuswaeri RWS, Keluarga Besar Kawargian Abah Alam (KAA) Guriang 7, Gelap Nyawang, Aura Alam dan berbagai komunitas, paguyuban, padepokan seni budaya yang ada di Jawa Barat.  “ Kami akan dorong pemerintah untuk memfasilitasi kegiatan seni budaya seperti ini, untuk itu kebijakan baru yang bisa di dorong insha Allah tiap tiap wilayah direncanakan mempunyai padepokan, sehingga generasi kita kedepan bisa berlatih di padepokan padepokan yang resprentatif.” Kata camat Kutamaya saat dimintai keterangan

“ Sekaitan dengan fasilitas pendukung, beliau menambahkan bahwa pemerintah akan mendorong berbagai kegiatan pelestarian budaya selain untuk menjaga warisan leluhur juga mendukung sektor pariwisata “. Tegasnya

Ketua Padepokannya Abah Guriang (Ustad Yono) “ Selamat ulang tahun yang ke satu kepada Padepokan Sirnaning Yaksa Gapuraning Aji. Saya berharap kegiatan kegiatan silaturahim ini didukung oleh Pemerintah, karena Jawa Barat khususnya pemkab Sumedang bisa maju untuk maju menuju nusantara dan dunia, saat ini persilatan bukan hanya melatih diri, membela diri atau menyerang musuh tetapi lebih kepada unsur unsur pemahaman bela negara.dan bisa mewujudnya Sumedang betul-betul menjadi puseur budaya” Ungkapnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan