Deklarasi GJL Se-Jabodetabek dan Peringatan Hari Pahlawan

MEDIA SPN JAKARTA,.– Ratusan aktivis sosial kemanusiaan, pengacara, dan tokoh pemuda yang tergabung dalam organisasi Gerakan Jalan Lurus (GJL) se Provinsi DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) menggelar Deklarasi di Auditorium Gedung F Lantai 4 BPSDM Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2022)..

Acara deklarasi GJL Se Jabodetabek yang digelar bersamaan dengan memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022 itu, berjalan penuh hikmat.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Gerakan Jalan Lurus, H Riyanta SH hadir secara langsung untuk memberikan sambutan nya di hadapan ratusan kader GJL Se Jabodetabek. Riyanta hadir didampingi oleh Sekretaris Jenderal GJL, Prof DR Widhi Handoko SH, Sp.N.

Dalam sambutannya, Riyanta berharap agar seluruh kader GJL bisa berkontribusi nyata melakukan perubahan dan perbaikan ke arah yang positip dalam upaya mendukung kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Kader GJL adalah pejuang-pejuang normatif. Prinsipnya, ‘sing bener dibenarke sing salah disalahke’ (yang benar dibenarkan dan yang salah disalahkan),” seru Riyanta disambut gemuruh tepuk tangan dari para hadirin.

Riyanta berkeyakinan bahwa prinsip yang benar dibenarkan dan yang salah disalahkan itu yang akan membawa kemenangan atas perjuangan GJL di masa depan.

“Saya meyakini dan merasakan betul bahwa prinsip ini yang ketika kita (GJL) masuk ke dalam wilayah pertempuran apapun akan membawa kemenangan. Termasuk yang akhir-akhir ini maraknya kejahatan- kejahatan pertanahan,” ujar Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI-P itu.

Siap Kibarkan Panji-panji GJL

Dalam acara deklarasi tersebut, Riyanta secara resmi menyerahkan bendera pataka GJL kepada Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) se-Jabodetabek, Jansen Leo Siagian.

Leo Siagian menyatakan kesiapannya untuk mengibarkan panji-panji GJL di masing-masing wilayah Jabodetabek hingga ke tingkat Kecamatan dan ke Pedesaan.

“GJL Se Jabodetabek siap melaksanakan amanat dari Ketua Umum GJL Bapak Riyanta SH. Kita terus berjuang dan siap mengibarkan panji-panji GJL di Jabodetabek,” ujar Leo saat menerima bendera pataka GJL.

Selain dihadiri pengurus dan kader GJL Se-Jabodetabek, acara Deklarasi itu juga dihadiri oleh puluhan pengurus dan kader GJL dari daerah Pati, Jawa Tengah dan dari Medan, Sumatera Utara yang kebetulan, mereka ada mengajukan kasus tanah mereka ke DPR RI.

Punya Tugas Besar
Sementara itu, Ketua GJL Provinsi DKI Jakarta Alexius Pantur SH mengatakan, saat ini dirinya masih memiliki tugas besar yang harus segera dikerjakan yaitu untuk membentuk kepengurusan hingga tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

Ke depannya, kata Alex kepengurusan GJL DKI Jakarta akan lebih difokuskan pada penguatan sumber daya di internal organisasi, dan pendampingan bagi masyarakat yang terzolimi.

“Banyak temuan kita (GJL DKI Jakarta) di lapangan masih terjadi pungutan liar ketika warga DKI dalam pengurusan sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Ini tidak boleh terus terjadi,” tegasnya.

Menurut dia, pelayanan publik terkait program PTSL di BPN DKI Jakarta dinilai masih setengah hati. Dia mengungkapkan ada laporan warga Jakarta Barat yang sudah mengurus sertifikat melalui program PTSL dari tahun 2019 tapi belum selesai juga sampai sekarang.

“Tapi setelah ditelusuri oleh kita (GJL DKI Jakarta) dan langsung menyambangi Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat, barulah ada kejelasan ditangani secara baik oleh pihak Kantah Jakarta Barat,” tegas Alexius.

Perlu untuk diketahui deklarasi GJL Se-Jabodetabek ini digelar bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 agar dapat menumbuhkan semangat juang besar dan cinta Tanah Air bagi seluruh kader GJL Se-Jabodetabek.

Adapun tema peringatan Hari Pahlawan 2022 yang diambil GJL kali ini adalah “Pahlawanku Inspirasiku” yang bermakna meneladani semangat juang dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat di peringatan Hari Pahlawan tahun ini. (jsleo/08).-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan